welcome to my blog

selamat datang di blog ini,saya harap blog ini dapat membantu anda untuk lebih meluaskan wawasan anda tentang "VIKING PERSIB CLUB"dan di blog ini hanya akan membahas tentang VIKING dan semua hal yang berbau PERSIB Bandung.maka anda jangan berharap menemukan tulisan tulisan yang tidak berhubungan dengan VIKING ataupun PERSIB!!!
jabat erat,make manah ngadukung "USAB PERNING"!!!
Mungkin banyak versi tentang sejarah terbentuk "VIKING PERSIB CLUB" tetapi sesungguhnya mereka yang ikut andil bagian sehingga terbentuknya "VIKING PERSIB CLUB" patut kita beri penghormatan yang sebesar besarnya atas "loyalitas dan Totalitas" mereka dalam mendukung PERSIB Bandung !

Tiga Punggawa VIKING

Tiga Punggawa VIKING

SANG KETUA VIKING

SANG KETUA VIKING

SANG PANGLIMA VIKING

SANG PANGLIMA VIKING

SANG DIRIGEN VIKING

SANG DIRIGEN VIKING

Stadion PERSIB dan Mess Pemain

Stadion PERSIB dan Mess Pemain

All about VIKING PERSIB CLUB

TOTALITAS DAN LOYALITAS

TOTALITAS DAN LOYALITAS

Google Search

Selasa, 16 Maret 2010

VIKING PERSIB CLUB not just a supporter


"VIKING PERSIB CLUB not just a supporter!!!"

Di Indonesia banyak club sepak bola,dimana pun daerahnya pasti ada club sepak bola yang berdiri baik itu club yang berdiri secara profesional maupun secara amatir.Tidak aneh pastinya di setiap club sepak bola tersebut berdiri pula organisasi pendukung atau yang lebih dikenal dengan sebutan supporter.
Indonesia pun mempunyai Liga yang dimana setiap daerah di Indonesia di wakili oleh setidaknya dua atau bahkan lebih club sepak bola yang mengikuti Liga.di jawa barat sendiri banyak club yang mengikuti Liga antar lain terdapat PERSIB Bandung,PERSIJA jakarta,Pelita Jaya Karawang,dan masih banyak lagi.Ada pun di luar pulau jawa misalkan di pulau Sumatra terdapat SRIWIJAYA fc,PSPS Pekanbaru dan masih banyak pulau terdapat di pulau pulau Besar lainnya di Indonesia!
Akan tetapi diantara Club sepak bola yang terdapat di Indonesia hanya ada beberapa Club saja yang sudah Terkenal jauh sebelumnya,sebut saja PERSIB Bandung,PERSIJA jakarta,PERSEBAYA Surabaya,dan AREMA malang.Penggemar sepak bola mana di Indonesia yang tidak mengenal ke empat club tersebut?
Empat club ini punya catatan sejarahnya masing masing dan tentunya catatan prestasi yang tidak kalah menjulang!
Seiring dengan semakin berprestasinya club sepak bola tersebut,maka tumbuhlah kelompok kelompok supporter yang jelas terbentuk karena kesamaan visi untuk mendukung club mereka masing masing.
Mungkin ada ratusan kumpulan supporter di Indonesia yang berdiri dan terus memberikan dukungan untuk Tim sepak bola mereka!Tidak mungkin rasanya menyebutkan satu persatu nama club supporter yang ada di Indonesia.
Saya hanya akan membahas supporter Tim PERSIB Bandung,karena mereka salah satu supporter Terbesar di Indonesia.

Mereka menamakan dirinya "VIKING PERSIB CLUB"

Siapa yang tak kenal club supporter ini?Mereka yang selalu berpakaian biru dengan kaos bertulisan "PERSIB SANG PENAKLUK" atau "PERSIB ATOE MATI"
Viking atau sering juga di sebut "VIKERS" untuk sebutan anggota Viking mempunyai sejarah yang tidak bisa diragukan lagi bahwa mereka merupakan supporter yang berawal dari sekumpulan orang yang mempunyai visi dan misi yang sama dalam mendukung PERSIB Bandung!dan inilah sejarah munculnya atau berdirinya "VIKING PERSIB CLUB" saya memperoleh sejarah ini dari website resmi VIKING PERSIB CLUB yang ber-alamat di http://www.vikingpersib-club.com

Periode 1993-1998

Bermula saat sekelompok bobotoh fanatik PERSIB yang biasa“menghuni” tribun selatan mencetuskan ide untuk menjawab totalitas “sang idola” PERSIB Bandung di lapangan dengan sebuah totalitas dalam memberi dukungan, maka setelah melalui beberapa kali pertemuan yang cukup alot dan memakan waktu, akhirnya terbentuklah sebuah kesepakatan bersama. Tepatnya pada Tanggal 17 Juli 1993, disebuah rumah dibahu jalan Kancra no. 34, diikrarkanlah sebuah kelompok Bobotoh dengan nama VIKING PERSIB CLUB.. Adapun pelopor dari pendiriannya antara lain ; Ayi Beutik, Heru Joko, Dodi “Pesa” Rokhdian, Hendra Bule, dan Aris Primat dengan dihadiri oleh beberapa Pioner Viking Persib Club lainnya, yang hingga kini masih tetap aktif dalam kepengurusan Viking Persib Club. Nama VIKING diambil dari nama sebuah suku bangsa yang mendiami kawasan skandinavia di Eropa Utara. Suku bangsa tersebut dikenal dengan sifat yang keras, berani, gigih, solid, patriotis, berjiwa penakluk, pantang menyerah, serta senang menjelajah. Karakter dan semangat itulah yang mendasari “Pengadopsian” nama VIKING kedalam nama kelompok yang telah dibentuk. Secara demonstratif, Viking Persib Club pertama kali mulai menunjukan eksistensinya pada Liga Indonesia I -- tahun 1993, yang digemborkan sebagai kompetisi semi professional pertama di Tanah Air kita. Slogan “PERSIB SANG PENAKLUK” begitu dominan terlihat pada salah satu atribut yang dipakai anggotanya. Viking dimasa ini masihlah sangat tradisional dan belum menunjukkan geliat sebagai sebuah organisasi yang utuh secara profesional, bahkan pada awalnya mereka tidak mempunyai homebase dan menjadikan halaman sekretariat PERSIB di Jalan gurame sebagai tempat berkumpul. Seiring waktu kehadiran mereka yang merajai tribun selatan pun mulai dikenal dan diakrabi bobotoh, banyak pula yang berminat untuk menjadi bagian dari Viking, pendaftaran anggota pun mulai dibuka lebar.

Periode 1999-2004

Diperiode ini, Viking mengalami penambahan anggota yang cukup signifikan, bahkan karena saking banyaknya anggota maka para pimpinan Viking pun merasa bahwa tribun selatan sudah tak mampu lagi menampung jumlah anggota yang rutin menyaksikan pertandingan PERSIB secara langsung di Siliwangi, akhirnya tribun timur pun menjadi pilihan, terhitung sejak liga Indonesia VI, Viking mulai “hijrah” ke tribun timur dan menunjukkan eksistensi serta dukungan dari tribun dengan “view” yang lebih nyaman dan kapasatitas tempat duduk lebih besar.

Diperiode ini pulalah, tepatnya medio 2002-2003, Viking mengalami sebuah momentum penting saat Yudi Baduy sang sekretaris umum mulai sibuk dengan rutinitas dan pekerjaannya sehingga Viking membutuhkan darah segar untuk tetap menjaga dinamika roda organisasi, dan masuklah Budhi Bram, keterlibatannya bersama Viking dimulai saat yang bersangkutan menggarap album Kompilasi yang pertama. Seiring waktu, akhirnya Budhi Bram resmi menjabat sebagai sekretaris umum Viking yang baru.

Pada masa ini pulalah Viking yang tetap di pimpin oleh dwitunggal Herru Joko sang ketua umum dan Sang Panglima,Ayi Beutik mulai tumbuh sebagai organisasi yang sesungguhnya, seluruh potensi organisasi pun terus dioptimalkan untuk mendatangkan manfaat bagi PERSIB dan Viking sendiri. Viking dengan jumlah anggotanya yang mencapai ribuan orang mulai dilirik oleh berbagai perusahaan dan menjalin beberapa kerjasama dalam event-event besar. Tercatat berbagai perusahaan, mulai dari rokok, selular hingga clothing pernah menjalin kerjasama dengan Viking Persib Club.

lama kelamaan aksi Viking tak hanya sekedar bersorak di stadion, namun aktivitasnya mulai menyentuh berbagai aspek kehidupan, seperti bakti sosial, sunatan masal, kompetisi-kompetisi kreatif dll. Dimasa ini pulalah Viking mulai menjalin simpul-simpul signifikan dengan pihak-pihak yang strategis, seperti walikota Bandung dll.

Periode 2005-2009

Dimasa ini Viking semakin mapan dan dewasa, bahkan sisi komersil pun mulai teroptimalkan secara elegan. Lihat saja kelahiran Viking Persib fanshop yang bergerak dibisnis properti supporter, ataupun album digital dan bisnis RBT serta website resmi www.vikingpersib-club.com yang digarap oleh Viking, semakin menunjukkan ke-profesionalan organisasi ini. Jangan lupakan pula kehadiran PERSIB magz yang fenomenal dan sempat mewarnai dunia media soporter ditanah air dan berganti nama menjadi majalah

Mungkin banyak versi tentang sejarah terbentuk "VIKING PERSIB CLUB" tetapi sesungguhnya mereka yang ikut andil bagian sehingga terbentuknya "VIKING PERSIB CLUB" patut kita beri penghormatan yang sebesar besarnya atas
"
loyalitas dan Totalitas" mereka dalam mendukung PERSIB Bandung !

jabat erat dari saya Freds "Glenz" B.E.C
"ulah euren ngadukung PERSIB Bandung!!!"

2 komentar:

  1. Hade pisan euy.... hatur nuhun tos nguLem simkuring..... Jaya terus PERSIB BANDUNG dan VIKING tambah sukses aja....!!!

    BalasHapus
  2. sipp nuhun pisan lur !!!
    dukung terus make manah!!!

    BalasHapus